KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim.
Puji dan syukur dengan tulus
dipanjatkan ke hadirat Alloh Swt. Karena berkat taufik dan hidayah-Nya.Selawat
serta salam semoga senantiasa tercurah untuk junjungan kita Nabi besar Muhammad
Saw. Beserta keluarga dan sahabatnya hingga akhir zaman, dengan diiringi upaya
meneladani akhlaknya yang mulia.
Alhamdulillah sekali kami dapat
menyelesaikan makalah tentang Konsep Dasa Pengukuran dan Penilaian ini dengan
lancar, penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas dengan
mata kuliah Evaluasi Pembelajaran oleh Drs. Ilpi Zukdi, M.Pd. Makalah ini
ditulis dari hasil yang diperoleh dari buku dan media masa yang berhubungan
dengan judul makalah ini. Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Dosen
Pembimbing yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk belajar menulis
dalam bentuk Karya Ilmiyah ini, tidak lupa pula kepada rekan-rekan yang telah
memberi dukungan sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Kami
sangat menyadari bahwa makalah kami masih terdapat kekurangan, maka kami
harapkan kritik dan saran yang membangun untuk kedepannya. Dan mudah-mudahan
upaya ini senantiasa mendapat bimbingan dan ridha Alloh Swt. Amin Yaa Rabbal
Alamin.
BAB I
PENDAHULUAN
a. Latar
Belakang
Sistem
pembelajaran yang baik akan menghasilkan kualitas belajar yang baik. Kualitas
pembelajaran ini dapat dilihat dari hasil penilaiannya. Antara pengukuran,
penilaian, evaluasi saling berkaitan dalam pencapaian kualitas pembelajaran.
Oleh karena itu perlu pembahasan lebih lanjut mengenai konsep dasar pengukuran
dan penilaian.
b. Rumusan
Masalah
Dengan berbekal
keingin tahuan kita tentang “Bagaimana konsep dasar pengukuran dan penilaian
itu?”, maka dari itu kami akan mencoba menyajikan karya tulis ini dan semoga
dapat sama-sama kita pahami dengan baik.
c. Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini
antara lain :
·
Untuk memenuhi tugas
kuliah Evaluasi Pembelajaran.
·
Dan untuk menambah
pengetahuan kita semua tentang Konsep dasar pengukuran dan penilaian.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
KONSEP
DASAR PENGUKURAN DAN PENILAIAN
a. Pengertian
Pengukuran dan Penilaian.
Definisi Pengukuran
:
Pengukuran dalam
Bahasa Inggris dikenal dengan measurement dan dalam Bahasa Arab adalah
muqoyasah, jadi pengukuran dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan
untuk mengukur sesuatu. Mengukur pada hakekatnya adalah membandingkan sesuatu
dengan atau atas dasar ukuran tertentu.
Menurut Mahrens, pengukuran dapat
diartikan sebagai informasi berupa angka yang diperoleh melalui proses
tertentu.
Menurut Suharsimi Arikunto,
pengukuran adalah membandingkan sesuatu dengan suatu ukuran.
Menurut Lien, pengukuran adalah
sejumlah data yang dikumpul dengan menggunakan alat ukur yang objektif untuk
keperluan analisis dan interprestasi.
Definisi
Penilaian :
Penilaian
berarti menilai sesuatu. Sedangkan menilai itu mengandung arti mengambil
keputusan terhadap sesuatu dengan mendasarkan diri atau berpegang pada ukuran
baik/buruk, sehat/sakit, pandai/bodoh, rajin/malas, dan sebgainya.
Menurut Suharsimi Arikunto, menilai
adalah mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan baik.
Menurut Mahrens, penilaian adalah
suatu pertimbangan professional atau proses yang memungkinkan seseorang untuk
membuat suatu pertimbangan mengenai nilai sesuatu.
Definisi
Evaluasi :
Evaluasi adalah
mencakup dua kegiatan yang telah dikemukakan terdahulu, yaitu mencakup
pengukuran dan penilaian. Evaluasi adalah kegiatan atau proses untuk menilai
sesuatu. Untuk dapat menentukan nilai dari seseuatu yang sedang dinilai itu,
perlu dilakukan pengukuran dan wujud dari pengukuran adalah pengujian guna
mengetahui hasil belajar yang telah dicapai seseorang.
Menurut Norman E Grounloud,
evalauasi adalah suatu proses yang sistematik dan berkesinambungan untuk
mengetahui efisien kegiatan belajar mengajar dan efektifitas dari pencapaian
tujuan instruksi yang telah ditetapkan.
Menurut Edwin Wond, evaluasi adalah
proses untuk menentukan nilai dari segala sesuatu yang berkenaan dengan
pendidikan.
b. Peranan
Penilaian dalam Pembelajaran.
Penilaian didefinisikan
sebagai proses pengumpulan informasi tentang kinerja siswa untuk digunakan
sebagai dasar dalam membuat keputusan. (weeden, winter, dan broadfoot: 2002,
boot:1996, nitko: 1996, mardapi:2004)
Penilaian merupakan komponen yang
sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Upaya meningkatkan kualitas
pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan
kualitas system penilaiannya.
Menurut Mardapi (2004), penilaian
dan pembelajaran adalah dua kegiatan yang saling mendukung. Upaya peningkatan
kualitas pembelajaran dapat dilakukan melalui upaya perbaikan system penilaian.
Untuk menuju kualitas pembelajaran yang baik, diperlukan system penilaian yang
baik. System pembelajaran yang baik akan menghasilkan kualitas belajar yang
baik. Kualitas pembelajaran ini dapat dilihat dari hasil penilaiannya.
Selanjutnya system penilaian yang baik akan mendorong pendidik untuk menentukan
strategi mengajar yang baik dalam memotifasi peserta didik. Oleh karena itu,
dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan diperlukan perbaikan system
penilaian yang diterapkan.
Penilaian memiliki peran yang
sangat penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu perlu
dirancang dan didesaen sedemikian rupa sehingga penilaian tersebut memberikan
makna bagi setiap orang yang terlibat didalamnya. Untuk mewujudkan hal
tersebut, maka perlu kerjasama yang baik dari beberapa pihak terkait seperti
Guru, Siswa, dan Sekolah. Ketiga pihak tersebut memiliki peranan yang
berbeda-beda sesuai porsi masing-masing. Jika masing-masing pihak melaksanakan
tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, maka akan tercipta suasana yang
kondusif, dinamis, dan terarah untuk perbaikan kualitas pembelajaran melalui
perbaikan system penilaian.
c. Hubungan
antara Penilaian dengan Mutu Pembelajaran.
Penilaian
memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran.
Untuk menuju kualitas pembelajaran yang baik, diperlukan system penilaian yang
baik. Kualitas pembelajaran ini dapat dilihat dari hasil penilaiannya. Antara
penilaian dengan mutu pembelajaran adalah saling berkaitan dan pencapaian dapat
dilihat dari proses pembelajarannya. Dalam konteks pendidikan dan pembelajaran
pengertian mutu mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan tersebut.
Sunarya (2000) menyatakan mutu pembelajaran harus memenuhi syarat sebagai
berikut: 1. Proses belajar mengajar berjalan secara efektif, dan ditunjang oleh
sumber daya pendidikan dan lingkungan yang kondusif. 2. Peserta didik
menunjukkan tingkat kemampuan prestasi belajar, mengetahui sesuatu dan dapat
melakukan sesuatu secara fungsional serta hasil pendidikannya sesuai dengan
tututan lingkungannya.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari pembahasan di atas, dapat
disimpulkan bahwa untuk menuju kualitas pembelajaran yang baik, diperlukan
sistem penilaian yang baik pula. Agar penilaian dapat berfungsi dengan baik,
sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, maka sangat perlu untuk menetapkan
standar penilaian yang akan menjadi dasar dan acuan bagi guru dan praktisi
pendidikan dalam melakukan kegiatan penilaian.
Untuk mewujudkan hal tersebut, maka
perlu kerjasama yang baik dari beberapa pihak terkait, seperti guru, siswa dan
sekolah. Ketiga pihak tersebut memiliki peranan yang berbeda-beda sesuai dengan
porsi masing-masing. Jika masing-masing pihak melaksanakan tugas dan tanggung
jawabnya sebagaimana mestinya maka akan tercipta suatu suasana yang kondusif,
dinamis, dan terarah untuk perbaikan kualitas pembelajaran melalui perbaikan
sistem penilaian.
DAFTAR PUSTAKA
Sudijono Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:
PT RajaGrafindo Persada.
Nurkancana Wayan. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha
Nasional.
Weeden,
Winter, dan Broadfoot: 2002. Bott: 1996. Nitko: 1996. Mardapi: 2004
http://wikopedia.evaluasi pembelajaran.press.com//
EVALUASI PEMBELAJARAN
“KONSEP DASAR PENGUKURAN DAN PENILAIAN”
DISUSUN OLEH :
EKI JULIANDA
SARI ASRIANI
BUDI PUTRA
DARMANTO
WIRA WANI
ADRIYATI
YANSEL
DOSEN PEMBIMBING:
Drs. Ilpi Zukdi, M. Pd
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATRA BARAT
2012 M/ 1433 H
Tidak ada komentar:
Posting Komentar