Nama : Sari Asriani (FAI)
Nim : 11.06.002.012.028
Tugas : Psikologi Perkembangan
Dosen Pembimbing : Bu
Imel Putri Dewita M.A
“Hasil
Penelitian tentang Periodesasi Perkembangan”
Nama
Anak : 1. M. Fadil (4 thn)
2. Marisa Pratama Putri (15 thn)
I.
Periodesasi
Perkembangan berdasarkan Biologis
Dimana pertumbuhan fisik ikut
berpengaruh terhadap perkembangan jiwa seorang anak.
No.
|
Usia Anak
|
Pertumbuhan dan Perkembangan pada
|
Cocok/ Tidak Cocok
|
Ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan
fisik anak
|
1.
|
0-3
thn
|
Tubuh
|
Tidak
Cocok
|
Pada
masa ini anak dalam keadaan pendek, gemuk, pemalu, tertutup, dan tidak mudah
didekati
|
2.
|
0-3
thn
|
Gigi
|
Cocok
|
Pada
masa ini gigi sudah mulai tumbuh yang merupakan gigi susu dan akan berganti
pada perkembangan berikutnya dengan gigi tetap
|
3.
|
7-13
thn
|
Tubuh
|
Cocok
|
Keadaan
fisik kembali gemuk
|
4.
|
13-15
thn
|
Tubuh
|
Cocok
|
Keadaan
fisik menjadi lebih langsing, tinggi, dan sudah mengalami menstruasi
|
II.
Periodesasi
Perkembangan berdasarkan Sosial
Dimana seorang anak belajar
menjalin kontak sosial dengan kehidupan luar dan anak mulai bergaul dengan
siapa saja yang dipilihnya untuk bisa bermain bersama dan menemukan hal-hal
baru disana.
No.
|
Usia Anak
|
Pertumbuhan dan Perkembangan pada
|
Cocok/ Tidak Cocok
|
Ciri-ciri Pertumbuhan dan Perkembangan
fisik anak
|
1.
|
0-6
thn
|
Organ
tubuh dan Alat indra
|
Cocok
|
Masa
anak mengembangkan organ tubuh dan panca indra di bawah asuhan ibu (keluarga)
|
2.
|
3-6
thn
|
Pengaruh
Sosial di rumah
|
Cocok
|
Di
dalam rumah terdapat banyak kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosialnya
bersama anggota keluarganya sendiri
|
3.
|
3-6
thn
|
Pengaruh
Sosial di Luar rumah
|
Cocok
|
Dari
yang mulanya bersikap tertutup dan susah untuk di dekati, dari situ anak
belajar menjalani kontak sosial dengan orang yang ada di luar rumah, terutama
dengan anak sebayanya
|
4.
|
3-6
thn
|
Pengaruh
Sosial di Sekolah
|
Cocok
|
Guru
mendorong anak untuk melakukan kontak sosial dengan anak lain dengan cara
bermain dan berbicara bersama
|
5.
|
7-12
thn
|
Masalah
Kesusilaan
|
Cocok
|
Seorang
anak sudah mulai mengetahui akan kebutuhan kerjasama dengan orang lain
|
6.
|
12-15
thn
|
Proses
berfikir
|
Cocok
|
Pada
masa ini anak sudah mulai mampu berfikir secara jernih antara perbuatan
terpuji dan tercela
|
III.
Periodesasi
Perkembangan berdasarkan Psikologis
Membahas tentang gejala kejiwaan
anak dan penanganannya.
No.
|
Usia Anak
|
Pertumbuhan dan Perkembangan pada
|
Cocok/ Tidak Cocok
|
Ciri-ciri Pertumbuhan dan Perkembangan
fisik anak
|
1.
|
0-4
thn
|
Proses
Intelektual
|
Cocok
|
Anak
memperoleh banyak hal dari lingkungan melalui dari apa yang mereka lihat,
sentuh, dengar, cium. Dan dari situ anak akan timbul rasa ingin tahu
|
2.
|
4-8
thn
|
Dunia
akademis dan Intelektual
|
Cocok
|
Masa
ini yang menonjol adalah banyaknya kata2, gagasan2, konsep2, yang merupakan
presentasi dari hal2 yang telah dialami dan disimpan secara mental
|
3.
|
8-13
thn
|
Imajinasi
|
Tidak
Cocok
|
Rangsang
imajinasi anak terus berkembang dengan sesuatu yang dilihat dan dirasakannya.
Maka dari situ timbul minat untuk melakukan sesuatu yang baru dan disini dia membutuhkan
arahan dari orang disekitarnya untuk memotifasi dan mengarahkan minatnya
|
4.
|
13-19
thn
|
Bakat
dan Kreatifitas
|
Tidak
Cocok
|
Masa
ini seorang anak masih merangsang minatnya dan pada akhirnya timbul
kreatifitas baru dan dari situ dapat dilihat dimana letak kemampuan/ bakatnya
sendiri dan akan diarahkan kemana nantinya. Akan tetapi dalam masa ini dia
belum memperoleh kematangan karena perkembangannya masih belum labil dan
masih mencari2 tentang jati dirinya
|
MAKALAH
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
PENELITIAN TENTANG PERIODESASI PERKEMBANGAN ANAK
Oleh :
SARI ASRIANI
DOSEN PEMBIMBING :
Bu Imel Putri Dewita M.A
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT
1432 H / 2011 M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar