Selasa, 01 Mei 2012

penelitian periodesasi perkembangan

Nama                        : Sari Asriani (FAI)
Nim                           : 11.06.002.012.028
Tugas                        : Psikologi Perkembangan
Dosen Pembimbing : Bu Imel Putri Dewita M.A

“Hasil Penelitian tentang Periodesasi Perkembangan
Nama Anak : 1. M. Fadil (4 thn)
                      2. Marisa Pratama Putri (15 thn)
                               I.            Periodesasi Perkembangan berdasarkan Biologis
Dimana pertumbuhan fisik ikut berpengaruh terhadap perkembangan jiwa seorang anak.

No.
Usia Anak
Pertumbuhan dan Perkembangan pada
Cocok/ Tidak Cocok
Ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan fisik anak
1.
0-3 thn
Tubuh
Tidak Cocok
Pada masa ini anak dalam keadaan pendek, gemuk, pemalu, tertutup, dan tidak mudah didekati
2.
0-3 thn
Gigi
Cocok
Pada masa ini gigi sudah mulai tumbuh yang merupakan gigi susu dan akan berganti pada perkembangan berikutnya dengan gigi tetap
3.
7-13 thn
Tubuh
Cocok
Keadaan fisik kembali gemuk
4.
13-15 thn
Tubuh
Cocok
Keadaan fisik menjadi lebih langsing, tinggi, dan sudah mengalami menstruasi

                            II.            Periodesasi Perkembangan berdasarkan Sosial
Dimana seorang anak belajar menjalin kontak sosial dengan kehidupan luar dan anak mulai bergaul dengan siapa saja yang dipilihnya untuk bisa bermain bersama dan menemukan hal-hal baru disana.

No.
Usia Anak
Pertumbuhan dan Perkembangan pada
Cocok/ Tidak Cocok
Ciri-ciri Pertumbuhan dan Perkembangan fisik anak
1.
0-6 thn
Organ tubuh dan Alat indra
Cocok
Masa anak mengembangkan organ tubuh dan panca indra di bawah asuhan ibu (keluarga)
2.
3-6 thn
Pengaruh Sosial di rumah
Cocok
Di dalam rumah terdapat banyak kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosialnya bersama anggota keluarganya sendiri
3.
3-6 thn
Pengaruh Sosial di Luar rumah
Cocok
Dari yang mulanya bersikap tertutup dan susah untuk di dekati, dari situ anak belajar menjalani kontak sosial dengan orang yang ada di luar rumah, terutama dengan anak sebayanya
4.
3-6 thn
Pengaruh Sosial di Sekolah
Cocok
Guru mendorong anak untuk melakukan kontak sosial dengan anak lain dengan cara bermain dan berbicara bersama
5.
7-12 thn
Masalah Kesusilaan
Cocok
Seorang anak sudah mulai mengetahui akan kebutuhan kerjasama dengan orang lain
6.
12-15 thn
Proses berfikir
Cocok
Pada masa ini anak sudah mulai mampu berfikir secara jernih antara perbuatan terpuji dan tercela


                         III.            Periodesasi Perkembangan berdasarkan Psikologis
Membahas tentang gejala kejiwaan anak dan penanganannya.

No.
Usia Anak
Pertumbuhan dan Perkembangan pada
Cocok/ Tidak Cocok
Ciri-ciri Pertumbuhan dan Perkembangan fisik anak
1.
0-4 thn
Proses Intelektual
Cocok
Anak memperoleh banyak hal dari lingkungan melalui dari apa yang mereka lihat, sentuh, dengar, cium. Dan dari situ anak akan timbul rasa ingin tahu
2.
4-8 thn
Dunia akademis dan Intelektual
Cocok
Masa ini yang menonjol adalah banyaknya kata2, gagasan2, konsep2, yang merupakan presentasi dari hal2 yang telah dialami dan disimpan secara mental
3.
8-13 thn
Imajinasi
Tidak Cocok
Rangsang imajinasi anak terus berkembang dengan sesuatu yang dilihat dan dirasakannya. Maka dari situ timbul minat untuk melakukan sesuatu yang baru dan disini dia membutuhkan arahan dari orang disekitarnya untuk memotifasi dan mengarahkan minatnya
4.
13-19 thn
Bakat dan Kreatifitas
Tidak Cocok
Masa ini seorang anak masih merangsang minatnya dan pada akhirnya timbul kreatifitas baru dan dari situ dapat dilihat dimana letak kemampuan/ bakatnya sendiri dan akan diarahkan kemana nantinya. Akan tetapi dalam masa ini dia belum memperoleh kematangan karena perkembangannya masih belum labil dan masih mencari2 tentang jati dirinya








MAKALAH
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
PENELITIAN TENTANG PERIODESASI PERKEMBANGAN ANAK


Oleh :
SARI ASRIANI
                                                                       


DOSEN PEMBIMBING :
Bu Imel Putri Dewita M.A


FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT
1432 H / 2011 M
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar